Hubungan Masalah Pencernaan Dan Apel

apple Hubungan Masalah Pencernaan Dan ApelHalo teman, hari ini saya ingin membahas tentang buah apel, mengapa? ternyata apel bagus lho untuk anda yang mempunyai masalah pada pencernaan tapi juga berdampak buruk jika anda terlalu banyak mengkonsumsinya. Mari kita lihat apa sebenarnya hubungan antara masalah pencernaan dan apel.

Apel mengandung banyak nutrisi dan paling dikenal sebagai sumber serat yang baik. Serat ini dapat berfungsi untuk melancarkan BAB dan mengurangi tingkat kolesterol yang membahayakan. Tetapi dengan serat yang tinggi namun sedikit air dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Penyakit tertentu yang mempengaruhi usus dapat menimbulkan kesulitan dalam mencerna serat yang kaya buah-buahan seperti apel. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami masalah pencernaan setelah makan apel.

Apel

Apel adalah salah satu buah yang sangat populer khususnya di negara Amerika. Menurut buku kedokteran gizi, banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan makan apel antara meningkatkan kesehatan jantung, menahan radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol, mengatur glukosa dalam darah, dan melancarkan pencernaan anda sehingga mudah BAB.

Makanan Berserat

Serat pangan adalah bagian-bagian dari sayur dan buah yang ada didalam tubuh anda dan tidak dapat di serap menjadi nutrisi yang berguna. Ada dua jenis serat makanan yaitu serat yang larut dan tidak larut. Serat larut, seperti pektin ditemukan dalam apel, berry dan buah-buahan jeruk.

Serat larut dalam usus berubah menjadi zat seperti gel yang mampu menempel pada kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.

download Hubungan Masalah Pencernaan Dan Apel

Serat larut tidak larut dalam air, tapi menarik air dan bergerak keatas yang sangat membantu untuk membersihkan usus besar dan membuat buang air besar secara teratur. Apel mengandung kedua jenis serat yaitu serat larut ditemukan dalam pulp, dan serat tidak larut berada pada kulit apel. Singkatnya, serat tidak dicerna, tapi berdampak pada pencernaan anda.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Serat juga sangat bagus untuk yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan di 6 Menu Untuk Turun Berat Badan Tanpa Rasa Lapar karena kemampuan serat untuk membantu menahan rasa lapar

Kebutuhan Serat

Persyaratan serat harian adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria, sesuai yang dikatakan dalam “Gizi Kesehatan Masyarakat:. Bagi mereka yang umurnya lebih dari 50thn, sangat direkomendasikan agar mengurangi kebutuhan serat, meskipun berakibat pada sembelit dan keluhan pencernaan lainnya pada orang tua.

Sumber lainnya yang lebih kaya serat adalah bibit gandum, oat, roti multigrain, beras merah, brokoli, buncis dan wortel.

Kemungkinan Masalah Pencernaan

Apel sering dimakan untuk mencegah masalah pencernaan, meskipun kadang-kadang mereka dapat berkontribusi untuk sembelit. Jika Anda tidak minum cukup air, serat makanan akan menyerap semua kelembaban di usus besar anda. Seperti buah lainnya, apel mengandung fruktosa, dan banyaknya kandungan fruktosa dapat memberikan substrat pada bakteri usus Anda untuk fermentasi, yang mengarah pada produksi gas, kembung dan sakit perut. Apel adalah makanan sehat tambahan untuk diet, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai hubungan antara apel dan masalah pencernaan, semoga artikel ini dapat sedikit memberikan informasi kepada anda mengenai apel.

 

Tuliskan Komentar Anda Disini

comments powered by Disqus
Anda juga mungkin sukaclose