Manfaat Kesehatan Buah Nanas

3 Manfaat Utama Buah Nanas 300x254 Manfaat Kesehatan Buah NanasJika anda ingin memberikan tubuh anda sehat secara alami dan mempercepat mekanisme penyembuhan diri anda, tambahkan nanas dalam menu diet anda. Nanas adalah buah yang mengandung banyak vitamin, enzim dan antioksidan, yang semuanya memainkan peran utama dalam hal kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Sejarah

Nanas berasal dari kata pina yang adalah bahasa Spanyol yang menggambarkan kerucut pinus. Christopher Columbus adalah orang pertama yang memperkenalkan nanas ke eropa. Hari ini, Hawai menjadi kota yang menghasilkan nanas sebanyak 1/3 nanas di dunia. Nanas dipasarkan secara global dalam bentuk buah ataupun kalengan dan merupakan buah tropis yang paling banyak digunakan dalam resep.

Kandungan Gizi

Satu potong buah nanas mengandung 41 kalori, lemak diabaikan dan 1 gram serat makanan. Nanas terutama kaya akan vitamin A memasok 19 IU per 84 g irisan, nanas dapat memelihara kesehatan kulit, gigi, tulang dan jaringan lunak. Dengan hampir 13 mg vitamin C per slice, sifat antioksidannya melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C membantu membangun dan memperbaiki jaringan dan mempercepat penyembuhan. Nanas juga kaya akan vitamin termasuk vitamin B thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, B 6 dan folat. Selain itu nanas juga merupakan sumber kalsium yang baik, kalium, magnesium dan fosfor, nanas juga memberikan elemen untuk tubuh Anda dalam bentuk selenium, tembaga dan seng.

Nanas Untuk Penyembuhan

Nanas segar mengandung bromelain, anti-inflamasi alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan mendorong penyembuhan. Peneliti dari Jerman yang bernama maurer, seorang pemegang paten anti-koagulasi efek bromelain, melakukan 7 kali penelitian dari tahun 1967-1989 untuk mengevaluasi aktifitas bromelain dan mendapatkan bahwa bromelain dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan edema.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Nanas Untuk Peradangan Usus

Bromelain dalam nanas segar dapat meredakan gangguan pencernaan dengan membantu untuk memecah ikatan asam amino dalam protein, yang mempengaruhi pencernaan. Sebuah studi oleh Duke University Medical Center, Durham, NC,  digunakan campuran yang berasal dari nanas batang untuk menguji remisi kolitis ulserativa (remission of ulcerative colitis). Hasilnya ditemukan bahwa efek peradangan usus pada tikus menjadi menurun.

Studi pada penyakit radang usus pada tikus ini sesuai yang diterbitkan oleh Hale et al. Duke University, berspekulasi bahwa efek anti-inflamasi bromelain adalah akibat aktivitas proteolitik pada sel di usus besar. Studi tersebut menunjukkan secara biologis untuk percaya bromelain mungkin akan sangat bermanfaat untuk peradangan usus, menurut Departemen Gizi Universitas California, Davis.

Pengendalian Refluks Asam

Nanas dapat membantu dalam gejala refluks asam. Hanya nanas segar mengandung enzim bromelain yang dapat meningkatkan pencernaan dan membantu dalam mengurangi peradangan kerongkongan. Nanas kalengan atau jus dapat membuat refluks asam Anda lebih parah. Untuk membantu refluks asam kontrol, makan beberapa potong buah segar pada saat makan, sesudah makan atau bila gejala refluks asam muncul.

Pertimbangan

Nanas dianggap aman tetapi dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek samping, terutama dimakan dalam kombinasi dengan obat-obatan seperti antikoagulan atau aspirin, atau pengencer darah, suplemen herbal, seperti palmetto bawang putih, ginkgo. Gejala reaksi mungkin termasuk kulit ruam, mual, muntah dan diare.

,

No comments yet.

Leave a Reply

Tuliskan Komentar Anda Disini

comments powered by Disqus
Anda juga mungkin sukaclose