Mengubah Pola Hidup Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

 Mengubah Pola Hidup Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi

Cara menurunkan kolesterol tinggi akan saya uraikan di artikel ini. Untuk menurunkan kolesterol tinggi, maka prilaku hidup sehat lah kuncinya.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Memang dengan obat, anda bisa menurunkan kolesterol tinggi tetapi obat tidak selalu menjadi hal yang efektif. Seberapa besar efek sampingnya terhadap hati? Apa untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter atau ahli merekomendasikan obat? Sebenarnya, ada cara yang lebih efisien dan efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi, kenapa tidak melakukannya? Yaitu dengan mengubah gaya hidup.

Cara yang paling tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengubah gaya hidup. Anda dapat mencoba lima perubahan gaya hidup sehat sederhana berikut. Anda juga dapat meningkatkan efektifitas dalam menurunkan kolesterol tinggi dengan juga mengkonsumsi obat.

Menurunkan berat badan

Anda dapat menurunkan kolesterol bila anda bisa membuat berat badan anda turun 2 – 5 kg. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat/mengatur kebiasaan anda setiap hari, baik itu kebiasaan makan maupun rutinitas.

Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Memilih makanan yang sehat adalah cara menurunkan kolesterol tinggi yang cukup efektif. Sebagai contoh rencana yang bisa anda ikuti :

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Lemak yang anda konsumsi adalah lemak sehat. Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging dan produk susu, meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, dimana kolesterol ini termasuk yang “jahat” bagi tubuh.

Membatasi Kolesterol Yang Ada Dalam Makanan.
Pilihlah menu makan yang kaya asam lemak omega -3.

Melakukan latihan atau olahraga.

Kelebihan berat badan atau tidak, olahraga dapat dipakai sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Olahraga juga dapat merangsang pembentukan kolesterol yang baik dalam tubuh (high – density lipoprotein). Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu, tidak harus berolahraga yag berat, namun catatan penting yaitu “rutin”.

Bila anda merokok, maka berhentilah merokok.

Ketika anda berhenti merokok maka kolesterol baik (HDL) akan meningkat. Masih ada lagi manfaat lain dari berhenti merokok. Hanya 20 menit anda berhenti merokok, maka tekanan darah anda akan berhenti. Dalam waktu 24 jam, resiko dari serangan jantung menurun. Dan dalam waktu 1 tahun, resiko terkena serangan jantung akan berkurang setengah dari waktu yang dihabiskan bila digunakan untuk merokok. Dalam waktu 15 tahun, risiko penyakit jantung mirip dengan seseorang yang tidak pernah merokok! Dibuktikan saja.

Hentikan minum – minuman beralkohol.

Minum minuman beralkohol berhubungan dengan tingginya tingkat kolesterol. Berhenti minum alcohol seperti halnya berhenti merokok mungkin merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi yang rumit bagi mereka yang sudah terbiasa dengan pola hidup seperti itu. Namun jika hal ini dapat dilewati, minimal diminimalisir, ini akan menjadi hal yang baik untuk efek yang jangka panjang.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply

Tuliskan Komentar Anda Disini

comments powered by Disqus
Anda juga mungkin sukaclose