Tips Diet Yang Tepat Untuk Remaja

Seperti apa sebaiknya tips diet untuk remaja? Masalahnya, selama ini begitu banyak remaja puteri yang terobsesi terhadap bentuk tubuh yang langsing, namun menjalani diet dengan cara keliru. Padahal, tips diet untuk remaja perlu benar-benar mendapatkan perhatian, karena fase usia remaja masih termasuk dalam masa pertumbuhan.

Dengan kata lain, remaja membutuhkan banyak energi plus stamina prima agar tetap bugar selama menjalani aktivitas sehari-hari. Adalah fakta bahwa banyak remaja tejebak dalam obesitas, atau sebaliknya, menjadi lemah fisik lantaran menjalani diet yang “keterlaluan”.

deal with diet 300x108 Tips Diet Yang Tepat Untuk Remaja

Diet Untuk Remaja

Umumnya, remaja yang merasa kegemukan berusaha menurunkan berat badan dengan cepat melalui diet super ketat plus olah fisik secara berlebihan. Kebiasaan ini sudah barang tentu dapat berdampak negatif terhadap kualitas pertumbuhannya. Jadi, harus bagaimana? Tips diet untuk remaja di bawah ini dapat dipraktikkan agar kaum belia dapat menjalani program penurunan berat badan dengan sehat, namun efektif.

Tips Ampuh Hanya dengan “Mengontrol”

1. Mengontrol kebiasaan
Melewatkan makan, mengonsumsi minuman penambah energi, berpuasa dalam waktu lama, menunda jadwal makan, atau berolah raga terlalu keras, sering jadi pilihan remaja yang sedang berdiet. Kebiasaan ini dapat berdampak negatif bagi tubuh.

Maka, orang tua perlu memastikan kebiasaan-kebiasaan remaja seperti mengonsumsi makanan yang cukup secara berkala, banyak minum air putih, menghindari minuman manis, soda atau cemilan tak sehat.

Menghitung kalori Tips Diet Yang Tepat Untuk Remaja

Asupan Kalori

2. Mengontrol asupan kalori
Dalam tips diet untuk remaja, upayakan agar orangtua selalu mengawasi konsumsi kalori dari makanan, melalui kebiasaan sederhana yakni membaca label makanan, agar puterinya tidak terjebak melahap makanan berkalori kosong alias miskin nutrisi.

Remaja yang sedang berdiet sebaiknya menghindari makanan yang dipanggang, digoreng atau susu full cream. Jumlah kalori ideal bagi remaja adalah sekitar 2.000 kalori per hari.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

3. Minum air yang cukup
Minum air putih dalam jumlah cukup termasuk dalam tips diet untuk remaja, karena salah satu tugas air putih adalah mengeluarkan semua racun dari tubuh, dan mendongkrak laju metabolisme. Proses metabolisme yang baik dapat membantu mempercepat penurunan bobot tubuh. Karenanya, tubuh perlu mendapatkan asupan air putih dalam jumlah cukup, agar seluruh organ bisa bekerja optimal.

4. Jangan lupakan sarapan
Sebuah studi membuktikan bahwa orang-orang yang terbiasa sarapan akan lebih berhasil menurunkan bobot tubuhnya ketimbang mereka yang sering melewatkan jadwal sarapan. Sarapan tak dapat dihapuskan dari kamus tips diet untuk remaja, karena berperan dalam proses metabolisme tubuh, serta membuat seseorang tetap bugar sepanjang hari, walaupun aktivitasnya cukup padat.

portion size 269x300 Tips Diet Yang Tepat Untuk Remaja5. Mengontrol porsi makan
Mengontrol porsi makan merupakan salah satu tips diet untuk remaja. Tujuannya adalah untuk menjaga agar jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Kalori yang melebihi batas kebutuhan akan menjadi tumpukan lemak dalam tubuh.

6. Biasakan makan di rumah
Akan lebih baik jika remaja yang sedang berdiet membiasakan diri makan di rumah. Selain kebersihannya lebih terjaga, makan di rumah juga akan memudahkan pengontrolan asupan kalori, sehingga tidak berlebihan.

7. Olahraga
Berapa lama sebaiknya remaja berolahraga? Jika kegiatan itu dilakukan setiap hari, durasi satu jam saja sudah cukup menyehatkan dan membantu penurunan berat badan. Kegiatan olahraga yang bisa dilakukan setiap hari di antaranya adalah menari, berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau lari.

Agar tidak membosankan, sebaiknya jadwal berolahraga dibuat sedemikian rupa, semisal memadukan aktivitas olahrga dengan kesenian. Atau, ada juga olah raga yang dijalankan seminggu sekali, seperti main bulu tangkis, misalnya. Ubahlah jadwal kegiatan ini setiap minggu agar menimbulkan semangat. Bakal lebih mengasyikkan jika aktivitas ini dijalankan bersama para sahabat. Demikianlah informasi mengenai tips diet untuk remaja.

 

, , ,

Tuliskan Komentar Anda Disini

comments powered by Disqus
Anda juga mungkin sukaclose